Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 19 Maret 2016

Lontong


Ini lontong dimakan bersama coto Makassar yang kubuat. Buat lontong sekarang gak paje ribet lagi, gak boros2 daun pisang, gak ada acara pecah dan buyar lagi saat memasak lontong, sekarang ada cetajan lontong ini.

Saya awalnya gak bisa buat lontong pasti aja buyar ditengah jalan ketika sedang merebusnya. ALHAMDULLILAH ya..... sekarang zaman makin canggih dan memikirkan bagaimana cara agar membuat lontong jadi mudah.

Kalo saya buat lontong maupun ketupat selalu isi berasnya 3/4 penuh, karena saya gak gitu suka yang terlalu lembek.... kalo suka yang lembek bisa aja diisi 1/2 penuh berasnya.




Bahan:

1/2 kg beras cuci bersih
1 sdt garam
1/2 sdt air kapur sirih
daun pisang secukupnya
10 buah selongsong cetakan lontong

Cara buat:
masukkan daun pisang kedalam selongsong cetakan lontong dengan cara digulung sampai permukaan dalam cetakan tertutup dengan daun lebihi atasnya sebesar 3 cm untuk tutupnya potong. Untuk bawahnya potong seukuran tutup dilebihkan beberapa cm daun pisang.

Campur beras yang telah dicuci dan ditiriskan dengan garam dan air kapur sirih.

Masukkan beras kedalam cetakan hingga 3/4 penuh. Tutup cetakan lalu kunci. Lakukan hingga beras abis.

Rebus lontong hingga 4 sampai 8 jam. air rebusan hingga menutupi seluruh lontong jika ditengah jalan air menjadi sedikit tambahkan lagi air.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar