Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 29 September 2018

TAKOYAKI


Takoyaki camilan kesukaannya anakku, tiap hari jajannya takoyaki. Daripada jajan mulu mending buat aja sendiri dirumah. Bikinnya gampang aja, yg susah itu membuat bentuknya jadi bulat. Hehe....

Takoyaki adonannya mang encer banget, jadi jangan heran ketika buatnya, ntar kalo kentel2 malah cepet masak dan bentuk gak bisa bulet.

Takoyaki termasuk jajanan asal jepang, dinegara asalnya takoyaki berisikan gurita, namun jika tidak suka bisa diganti sosis, bakso, ayam dll.

Saus yang dipakai biasanya adalah saus okonomiyaki walaupun ada juga saus khusus untuk takoyaki yang rasanya tidak jauh berbeda dengan saus okonomiyaki.

Untuk saos aku beli online, harga aku lupa berapa. Hehe... katsuobushinya kehabisan blom beli lagi, jadinya gak pake.


TAKOYAKI
Resep by : Primarasa Seri Jajanan Asia

BAHAN:

450 ml air kaldu/ dashi (kaldu ayam juga bisa)
1 butir telur
1 sdt kecap jepang
1/4 sdt garam
150 gr tepung terigu
Minyak goreng

Isian:
Sosis potong2
Daun bawang iris halus

Toping:
Takoyaki sauce
Mayonese
Kalo ada katsuobushi

Cara buat:
Campur kaldu, telur, kecap jepang dan garam. Aduk hingga tercampur rata. Tambahkan tepung terigu aduk dengan pengocok balon hingga rata dan menjadi adonan lembut.

Panaskan wajan takoyaki hingga benar2 panas olesi dengan minyak goreng. Tuang adonan tepung ke dlm masing2 lubang.tambahkan daun bawang masak selama 1-2 menit hingga bawahnya membeku

Balikkan adonan dengan bantuan tusuk sate rapikan adonan yg keluar. Kalo berlubang bisa tambah adonan lagi.  Masak lagi selama 3-4 menit hingga matang. Balik2an kembali hingga matang. Angkat.

Taro takoyaki diatas piring saji. Hidangkan selagi hangat dengan saos takoyaki, mayonese.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar