Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 05 Agustus 2017

Oseng Daun Pepaya




Kangen banget bikin oseng daun pepaya yg gak pait kayak waktu masih tinggal di yogya. Kalo orang  yogya rebus daun pepaya pake ampo atau tanah liat atau lempung. Dulu sih waktu di yogya suka beli di yogya 500 an sepincuk. Hihi... murah banget. I love yogya dech... bahkan kalo orang tuaku lagi ke yògya, aku dioleh2in oseng daun pepaya.

Ampo ini konon juga bisa di makan sebagai camilan. Di daerah Tuban ibu2 yang lagi hamil di ngidamnya makan ampo gini, katanya enak..rasa2 tanah gitu. Duh kalo saya disuruh makan ampo gak berani dech . Ampo itu tanah liat yang dah dipanggang. Walau gitu ketika direbus ampo bisa meleleh lagi.

Kali ini saya coba bikin oseng daun pepaya. Yang pengolahannta direbus dulu dengan ampo agar pahitnya hilang. Metode ini lebih ampuh dari merebus daun pepaya bebarengan dengan daun jambu, rasa pahitnya masih ada. Kalo pake ampo bener2 ilang pahitnya.

Bumbu dari oseng daun PepayA. Biasa aja. Bawang merah, bawang putih, salam, laos, terasi, gula merah, garam.


Ampo

OSENG DAUN PEPAYA

BAHAN:
2 pucuk daun pepaya ukuran besar
3 buah ampo
3 buah cabai potong serong
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas laos
2 lembar daun salam
1 sdt terasi
Gula merah 1 sdm
Garam secukupnya
Air secukupnya

Cara buat:

Rebus daun pepaya dengan ampo hingga empuk. Lalu buang air rebusan cuci daun pepaya hingga bersih. Potong2 daun pepaya.

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan salam, laos, terasi, gula merah, cabai, aduk2. Tuang air sedikit agar bumbu tidak gosong.

Tambahkan daun pepaya rebus. Beri garam. Aduk2. Tutup daun pepaya, tunggu hingga bumbu meresap. Cicipi. Jika ok. Matikan api dan sajikan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar