Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 12 Agustus 2017

BUBUR LEMU



Bubur lemu adalah salah satu makanan asal jawa barat. Sampai sekarang saya masih sering menjumpai orang yang jualan bubur lemu ini di depan rumah bandung. Saya buat seadanya bahan di rumah aja. Yang biasa di jual di Bandung itu bubur lemunya pake tambahan candil, saya gak pake. Yang saya buat bubur sumsum sama bubur mutiara aja. Trus disantapnya pake es batu. Tapi sesuai selera aja bisa pake tambahan es batu atau gak

Gak ngerti juga kenapa disebut bubur lemu... pikiran saya malah bubur lemu itu bubur gemuk. Maklum lah saya kan blesteran jawa juga gak full sunda hehe... usut punya usut bubur lemu itu artinya bubur yang terbuat dari beras atau olahannya. Hadeeh jauh banget ya dari pikiran saya...



BUBUR LEMU

BAHAN BUBUR SUMSUM HIJAU

50 gr tepung beras
1/2 sdt garam
2 gelas belimbing santan
2 tetes pasta pandan

Cara buat.

Campurkan semua bahan dalam sebuah panci aduk2 hingga tercampur.

Nyalakan kompor lalu masak campuran tersebut aduk2 terus hingga kental dan meletup letup. Matikan api.

Bahan bubur mutiara
50 gr sagu mutiara rendam kurang lebih satu jam
1 gelas air

Cara buat:
Rebus semua bahan hingga kental dan sagu mutiara empuk.

Bahan kuah:
100 ml santan rebus dengan sedikit garam.
100 gr gula merah tambah 4 sdm gula putih rebus dengan 1/2 gelas air.

Cara penataan:
Siapkan sebuah mangkok ambil satu sendok sayur bùbur sumsum hijau dan satu sendok sayur bubur mutiara. Siram dengan santan dan air gula. Sajikan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar