Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 19 Agustus 2017

Roti Unyil Ny. Liem



Bikin roti lagi. Roti ùnyil resep ny. Liem yg terkenal enak, empuk walau dah 2 hari tetep enak. Emang bener enak.. anakku suka banget apa lagi yang isi sosis.



ROTI UNYIL NY. LIEM

Bahan A:

- 350 gram tepung terigu protein tinggi
- 150 gram tepung terigu protein sedang
- 125 gram gula pasir
- 3 butir kuning telur
- 1 butir putih telur
- 75 ml susu evaporated
- 150 ml air es
- 10 gram ragi instan (SAYA 1 BUNGKUS 11 gr), pastikan aktif
- 25 gram susu bubuk (saya 1 sachet 27 gr) 
- 5 gram garam (sekitar 1 sendok teh)

Bahan B:  
- 65 gram margarine
- 35 gram mentega

Cara buat:
Siapkan mangkuk kecil, masukkan kuning telur, putih telur dan susu cair. Aduk hingga rata. Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung terigu, ragi instan, dan gula pasir, aduk hingga rata. Masukkan garam, aduk rata. Buat sumur/lubang di tengah adonan, tuangkan kocokan telur dan air es. Dengan menggunakan spatula aduk hingga terbentuk adonan yang kasar.


Uleni adonan dengan tangan, hingga menjadi gumpalan adonan. Taburkan sedikit tepung di meja kerja, tuangkan bola adonan dan uleni adonan hingga kalis, sekitar + 10 menit hingga adonan terasa lemas dan lentur. Tambahkan mentega dan margarine secara bertahap di adonan sambil adonan terus di uleni hingga mentega dan margarine habis dan tercampur dengan baik di adonan. Terus uleni adonan selama 5 menit hingga adonan terasa lemas dan lembut. Bentuk adonan menjadi bola yang ketat.

Olesi mangkuk bekas menguleni adonan dengan minyak goreng, letakkan bola adonan di tengah mangkuk. Tutup dengan kain bersih dan diamkan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang minimal 2 kali lipat.


Kempiskan adonan, bagi menjadi 4 bagian. Gelindingkan salah satu bagian adonan di meja kerja hingga menjadi batang yang panjang. Potong-potong dengan menggunakan spatula plastik menjadi beberapa bagian dengan berat sekitar 30 gram (resep asli seberat 15 gram). Untuk hasil akurat anda bisa menimbang masing-masing potongan adonan dengan timbangan digital. 

Bulatkan masing-masing potongan adonan, tata di atas loyang.  Bentuk sesuai selera lalu Tutup permukaannya dengan kain bersih dan biarkan mengembang sekali lagi hingga menjadi 2 kali lipat dari ukuran semula. Lakukan hal ini pada semua adonan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar