Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 05 Mei 2018

Kentang Mustofa


Mau bulan puasa ya bentar lagi. Aku persiapan bikin kentang mustofa buat jaga2 kalo saur bangunnya mepet, gak sempet masak atau angetin sayur, aku bikin kentang mustofa yg agak awet.

Kentang mustofa yg kubikin ini dijamin awet kriuknya. Karena setelah dicampur bumbu aku oven lagi sampe bumbunya bener2 garing. Coba aja ....


Kentang mustofanya bisa ditambah kacang tanah  goreng juga. Kalo mau.


Sejarah kenapa model kentang yg diiris korek api ini dinamain kentang mustofa, Nama tersebut diambil dari pengusaha kentang yang sukses di Jawa Barat bernama Wildan Mustofa, kalo gak salah di Pangalengan. Mitos or fakta ya? :-). Mungkin Kalo di Jawa Barat orang2 banyak ngambil kentangnya di Wildan Mustofa ini, jadi dinamain Kentang Mustofa. Maybe lho ya...





KENTANG MUSTOFA

BAHAN:
Kentang 1/2 kg
Daun jeruk 5 lembar sobek2
Gula pasir 2 sdm
Gula merah 2 sdm
Garam ½ sdt
Minyak untuk menumis bumbu 3 sdm
Minyak untuk menggoreng kentang secukupnya


Bumbu yang dihaluskan (blender) :
Cabe merah keriting 8 buah
Bawang putih 5 siung
Bawang merah 8 siung
Asam jawa 1 sdt, larutkan dengan 6 sdm air


Cara buat:
Kupas kulit kentang lalu cuci bersih, kemudian serut dengan parutan kentang atau potong manual berbentuk batang korek api. Setelah diserut, cuci potongan kentang berulang hingga benar-benar bersih dari getahnya (tandanya hingga air bekas cucian kentang menjadi jernih), dan biarkan kentang dalam air rendamannya.

Panaskan minyak yang cukup banyak (agar kentang terendam) di atas api sedang hingga benar-benar panas. Ambil segenggam kentang sambil ditiriskan dari air rendaman, goreng kentang hingga kering dan berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan, bisa dibantu dengan alas kertas atau tisu agar minyaknya terserap.

Sedangkan untuk persiapan bumbu, blender bumbu halus beserta larutan air asam jawa hingga halus.Panaskan wajan, masukkan bumbu halus dan daun jeruk, aduk terus hingga mengering (supaya bumbu tidak mengandung air), selanjutnya tuang 3 sdm minyak dan tumis hingga harum, beri juga garam dan gula pasir,  gula merah serta aduk rata.

Setelah bumbu sudah berubah warna agak kemerahan, masukkan kentang yang sudah digoreng sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk perlahan dan gunakan api kecil. Aduk terus hingga bumbu merata dan tidak ada yang menggumpal serta kentang mulai terasa kering, lalu matikan api.

Panggang dioven  kentang mustofa selama 5 menit. Angkat. Setelah dingin masukkan dalam toples agar tetap renyah dan tahan lama.




Tips:

Agar kentang tidak mudah patah, ada tips dan trik juga dalam menggorengnya, yaitu tahap awal menggoreng jangan mengaduk kentang karena masih rawan patah, balikkan kentang setelah bagian bawah terlihat agak mengering, setelah terlihat semuanya cukup kering baru bisa sesekali diaduk perlahan sambil memisahkan kentang yang masih menempel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar