Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 14 Oktober 2017

Bebek Goreng Bumbu Rempah dan sambalnya





Baru pertama kali seumur hidup ngolah bebek sendiri. Biasanya beli. Aku salah satu penggemar bebek. Bebek goreng yang punya nama di jakarta sudah kucobain semua dari bebek kaleo, bebek tepi sawah, bebek renon, bebek haji slamet, bebek madura yang ada di jl. Ampera juga pernah kucobain.

Asal mula aku suka bebek waktu aku dapet perusahaan tempat kerja yang kantor pusatnya di surabaya. Kalo malem di surabaya makanan pinggir jalannya banyak jual bebek abis itu jadinya ketagihan sejadi2nya. Waktu pindah balikpapan pun sering cari bebek yang pernah kucoba bebek gorengya mbak nur. Ini resep juga ngadopsi dari bumbunya mbak nur. Dapet resep ini karena dia tetanggaku.

Aku masak bebek ini pake presto... sepertinya saya kelamaan nih. Bebeknya jadi ancur. Padahal setelah bunyi prestonya api ku kecilin dan aku masak 30 menit setelah presto bunyi. Kalo bikin lagi jangan ampe 30 menit ya. 15 atau 20 menit aja kali ya... hehe.

Untuk sambel aku ngadopsi bebek goreng ala bebek tepi sawah dan bebek renon. pake sambel matah khas bali. Aku jatuh cinta banget sama sambel matah ini. Serainya, bawang merahnya, irisan daun jeruknya kuat banget. Kalo di bebek renon pesen bebek pecatu kalo mau pake sambel matah best of the best rasanya, bebek paling empuk dan lembut menurutku ya di bebek renon itu.

Yang satu lagi sambel, ku adopsi dari resep jualannya uak... sambel pedo dia ngasih nama gak tau juga artinya apa yang jelas pedes banget dan aroma daun jeruknya berasa banget. Ua aku ini jualan bebek juga, bebeknya enak, sambelnya juga enak dia ngasih resep cara ngolah bebek direbus dengan api kecil banget ampe airnya abis. Karena biasa lah saya males jadi  presto yang ku pake. Oh ya usut punya usut sambal pedo itu artinya sambal mantab, pedo diambil dari bahasa unda yang artinya mantab.. duh saya sebagai orang yg lahir di tanah sunda jadi malu, gak tau arti pedo itu apa. hehe.

Ini aku beli bebek di minimarket yang beku jadi gak bisa dipotongin sama petugasnya jadi aku harus motong sendiri nih hebek. Agak ngeri dan bau anyir. Aku gak ahli dalam motong2 begini. Ampe nangis2 motongnya karena gak bisa... keras. Aku bagi 4 tapi ya itu gak rapi.





BEBEK GORENG BUMBU REMPAH

Bahan:
1 ekor bebek potong bagi 4. Lalu lumuri dengan cuka diamkan 15 menit sampe 1/2 jam lalu cuci bersih

2 batang serai geprek
10 cm laos geprek
10 cm jahe geprek
4 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
Sedikit minyak
Secukupnya air

Bumbu halus:
6 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdm ketumbar
1 sdt jinten
5 butir kapulaga
5 cm kunyit
1 1/2 sdt garam

Cara buat:

Panaskan minyak lalu masukkan bumbu halus, salam, laos, jahe, daun jeruk, serai. Tumis hingga harum lalu masukkan potongan bebek aduk2 sebentar. Masukkan air. Tutup panci presto. Tunggu hinga presto berbunyi lalu kecilkan api hingga 20 menit. Matikan api. Biarkan hingga presto sudah tidak berbunyi lagi baru buka tutup presto.

Goreng bebek  dengan minyak panas hingga kecoklatan. Angkat sajikan dengan lalapan dan sambal.

Tahu nya aku ungkep juga dengan sisa ungkepan bebek. Baru digoreng. Rasanya lebih enak dech.




SAMBAL MATAH


SAMBAL MATAH

Bahan
2 buah cabai keriting potong tipis
1 buah cabai rawit yg besar potong tipis
3 batang serai potong tipis
5 daun jeruk buang tulangnya iris tipis
Sedikit terasi
Sedikit gula pasir
Sedikit garam
1 buah jeruk limau
Minyak panas goreng bebek

Cara buat
Gerus kasar semua bahan kecuali jeruk limau, gula pasir , minyak panas dan garam.

Tambah garam, gula pasir dan jeruk limau aduk2. Setelah itu siram dengan minyak panas bekas goreng bebek. Sajikan.


SAMBAL PEDO


SAMBAL PEDO

bahan:
50 gr cabai rawit merah
10 lembar daun jeruk buang tulangnya, sobek2
6 siung bawang merah
4 siuang bawang putih
Garam secukupnya
Minyak goreng

Cara buat:
Haluskan cabai rawit, bawang merah, bawang putih.

Panaskan minyak goreng. Masukkan bahan halus, sobekan daun jeruk dan garam. Goreng hingga daun jeruk kering. Cicipi matikan api. buang atau sisihkan daun jeruk sebelum diSajikan.


SAMBAL HIJAU

bahan:
10 buah cabai hijau keriting atau besar
Garam secukupnya
Minyak goreng

Cara buat:

Haluskan cabai hijau.

Panaskan minyak. Masukkan cabai hijau yang telah halu dan garam. Masak hingga cabai layu.  Sajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar