Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 21 Oktober 2017

RUJAK KANGKUNG


Rujak kangkung yang seger. Hmmm saya suka banget...  mirip dengan plecing kangkung tapi tetep beda. Rujak kangkung bumbunya alias si cabe dan kawan kawan  gak pake dimasak. Trus plecing kangkung gak pake asem jawa tapi segernya dari jeruk limau. Walau gitu Rujak kangkung dan plecing kangkung sama enaknya.

Rujak kangkung sudah tersebar ke hampir seluruh indonesia apa lagi pulau jawa, banyak versinya ada versi surabaya, tegal, cirebon, kuningan. Ada juga yang buat rujak kangkung dicampur tauge, timun, tahu , terserah aja mo ngikutin versi yg mana. Kalo saya full kangkung aja.

Agar kangkung tetap hijau, seperti biasa rebus bersama soda kue dan ketika sudah matang siram dengan air dingin agar proses pematangan terhenti.




RUJAK KANGKUNG

Bahan:

1 ikat kangkung
 Air untuk merebus
1 sdm garam
1/2 sdt soda kue

Bahan sambal rujak :
5 buah cabe rawit merah (cabai setan/cengek domba)
20 gram gula merah
1 sdt asam jawa, dilarutkan dengan 5 sdm air
1 siung bawang putih
Terasi bakar secukupnya
½ sdt garam

CARA MEMBUAT RUJAK KANGKUNG

Didihkan air, setelah mendidih beri garam dan soda kue, Masukkan kangkung yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih. Rebus sebentar dan bolak-balik hingga kangkung layu, angkat siram dengan air dingin, tiriskan.

Ulek bumbu rujak kecuali asam jawa, setelah halus kemudian beri larutan asam jawa serta aduk hingga rata.

Cara penyajian :

Taruh kangkung di atas piring saji, lalu sirami dengan sambal bumbu rujak sebelum disajikan beserta pelengkapnya sesuai selera.



1 komentar: