Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Jumat, 06 Oktober 2017

Cireng Nasi dan Sambal Rujak


Cireng (aci digoreng) dari nasi yang empuk gak alot dan pas digoreng gak meledak, mungkin dengan penambahan nasi jadinya ketika digoreng cirengnya gak meledak, mungkin ini tips nya :-).


Cireng itu jajanannya orang sunda alias Jawa Barat. Tapi sekarang dah dijual di berbagai daerah bahkan banyak yang dijual online. Disupermarket pun dah banyak yang dijual dan kita tinggal goreng.

Kalo ada nasi sisa boleh lah diolah jadi cireng. Pasti sering kan kalo ada nasi yang gak abis di rumah. Yuk mari coba resep dibawah ini... dijamin nagih...




CIRENG NASI

Bahan-bahan:
1 piring nasi
200 ml Air
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
Penyedap rasa secukupnya
1 sdt garam (sesuai selera)
1 batang daun bawang, iris halus
250 gr aci

Langkah

Haluskan bawang putih dan ketumbar. Lalu masukkan ke dalam blender, tambah nasi sisa dan air 100 ml, blender halus, tuang ke baskom/wadah.

Didihkan sisa air (100 ml), tuang ke wadah tadi, tambahkan aci sedikit demi sedikit, aduk asal rata aja (jgn lama2 tar alot)


Setelah adonan kira2 bisa dibentuk (masih agak lengket), taburi tangan dgn sagu, tuang sedikit adonan, bedaki sagu, sambil ditipisin.

Bisa langsung digoreng, atau simpan frozen. Klo mau disimpan pastiin ga lengket satu sama lain, bisa dilapisi plastik antara satu dan yg lainnya ya.



Bumbu Rujak:

Bahan:
1 gandu gula merah
2 sdm kacang tanah goreng
1 sdm air asam jawa
4 buah cabai merah
Garam secukupnya
Air panas 25 ml

Cara buat:
Haluskan gula merah, kacang tanah, cabai merah. Hingga halus. Tambahkan garam, air asam. Sambil digerus lagi. Tambahkan air panas. Cicipi. Jika sudah ok. Bisa disajikan dengan cireng panas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar