Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Jumat, 09 Februari 2018

Kacang Telur


Kacang kacang kacang.... jualan kacang... hari ini menunya kacang semua nih.... hehe...

Kacangnya renyah, manis dan gurih. Di buku kelethikan pilihan ncc disana ditulis tidak ada bahan telurnya mungkin kelupaan kali ya. Jadinya aku kira2 aja, karena di resep kacang telur resep yang bukan ini aku liat di buku anti gagalnya ncc pemakaian telurnya 4 butir (yg penting kacangnya terbalut telur semua). Kalo yg ini kacang telurnya kriwel2 yg resep satunya mulus.

Untuk hasil yang kriwel2 aku remat2 kacangnya setelah terbalut terigu.


Selain buat camilan sehari hari atau buat teman minup teh di sore hari, resep kacang telur ini paling cocok untuk dijadikan hidangan di saat ada momen momen penting. Contohnya saat Lebaran, arisan keluarga atau sekedar buat teman menonton acara olahraga favorit kita. Untuk itu, tidak ada salahnya kalau kita selalu menyediakan kacang ini buat stock di lemari. Mungkin banyak  yang berfikir kenapa harus repot repot untuk membuatnya. Kan beli jadi lebih gampang. Kalau memang buat acara mendadak sih bisa saja, tetapi lebih baik kalau kita bisa buat kacang telur nya sendiri. Selain lebih berhemat, bahan bahan yang digunakan bisa kita pilih sendiri dari bahan bahan yang berkualitas bagus dan bebas bahan pengawet. Apalagi kalau kita punya anak anak yang juga suka cemilan ini. Tentu lebih baik kita membuat kacang telurnya sendiri supaya yakin anak anak kita terbebas dari bahan bahan yang berbahaya.

Untuk mempercepat proses pembuatan resep kacang telur nya, lebih baik membeli kacang yang sudah dikupas terlebih dahulu. Selain itu, gunakan minyak goreng yang bagus dan baru dan banyak supaya kacang benar benar empuk dan matang sampai bagian dalamnya. Penggunaan minyak goreng yang baru juga menghindari dan meminimalisasi warna kacangnya nanti jadi gelap dan kelihatan gosong.


Kacang Telur
Resep by.: fatmah bahalwan

Bahan:
1 kg kacang tanah kupas
4 butir telur
5 siung bawang putih haluskan
1/2 sdt garam
250 gr gula halus
50 gr tepung kanji
250 gr terigu

Minyak goreng secukupnya

Cara buat:

Panggang atau sangrai kacang tanah kupas hingga matang merata.

Ditempat lain campur bawang putih halus, gula halus, garam dan telurckacok rata. Tuangkan kedalam kacang tanah. Aduk rata biarkan kacang tebalut telur.

Aduk tepung terigu dan sagu. Taburkan pada kacang , sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Supaya semua kacang terbalut.

Tuang dalam tampah, ratakan. Jaga agar kacang tidak saling menempel. Bila perlu taburi tepung lagi. Dan diayak2.

Panaskan minyak dalam api sedang, goreng kacang sambil duaduk2. Sampai matang merata bewatna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Dinginkan diatas nampan yg sudah dialasi kertas serap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar