Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Jumat, 23 Februari 2018

MIE PANJANG UMUR



Hadirnya menu mie pada tiap peristiwa Imlek diakui sebagai lambang usia panjang. Pada kebiasaan China dalam memasak serta menghidangkan mie dilarang untuk memotong lantaran dikira simbol memperpendek umur.

Mie panjang umur umumnya dihidangkan untuk santap malam mendekati perubahan tahun. Serta, saat sebelum makan mie panjang umur, disampaikan doa dan harapan untuk tahun baru yang tambah baik dari tahun di awal.

Langkah menyantapnya juga amat unik, yakni dikonsumsi secara utuh tanpa digigit, sebab bila terputus mempunyai arti yang tidak baik. Nah, di sinilah letak seninya, supaya tidak putus umumnya mie panjang usia dikonsumsi dengan memakai sumpit.

Mie menjadi simbol kebahagiaan dan panjang umur bagi masyarakat China saat merayakan Imlek. Ini karena bentuk mie sendiri yang panjang. Bukan hanya itu, mie juga jadi perlambang bahwa kebahagiaan di masa depan tidak akan pernah putus. Coba buat yuk, ini resepnya.






MIE PANJANG UMUR

Bahan-bahan:
300 gr mie telur kuning
100 gr sawi, potong-potong
100 gr kecambah

Bumbu:

5 siung bawang putih, cincang
4 buah cabai rawit, iris serong
1 cm jahe, iris tipis
4 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
Sedikit garam
Sedikit merica
minyak secukupnya

Topping:
Ayam popcorn pedas - pedasnya pake bon cabe atau cabe bubuk juga bisa.

Cara membuat:

Rebus mie hingga matang, tiriskan dan aduk dengan 2 sdm minyak agar tidak lengket.

Tumis bawang putih, cabai dan jahe hingga harum. Masukkan kecambah dan sawi, tumis hingga layu.Masukkan bumbu saus tiram, kecap. Masukkan mie, garam dan merica aduk rata hingga bumbu meresap dan sedap. Angkat beri topping atasnya dengan ayam popcorn pedas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar