Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 10 Februari 2018

KUE MANGKOK


Dalam perayaan Imlek selain kue keranjang ada tradisi kue lain yang tidak kalah menarik yaitu kue mangkok atau Fa Gao atau dikenal sebagai kue keberuntungan. Sekilas bentuknya menyerupai bolu kukus. Teksturnya empuk dengan rasa yang manis dan warna cerah yang menarik.

Fa artinya mengembang karena diberi ragi, sedangkan gao artinya kue. Fa juga artinya kemakmuran. Warna cerah agar membawa keberuntungan. Kue kukus ini bagian atasnya mekar seperti mawar. Konon, semakin banyak kelopaknya, semakin makmur dan semakin banyak kekayaan di tahun baru.



KUE MANGKOK
resep by: Fatmah Bahalwan

Bahan :
125 gr tape singkong
175 gr gula pasir
100 gr tepung protein sedang ( saya pakai segitiga biru )
150 ml air
75 gr gula pasir
200 gr tepung beras
200 ml air dingin
150 ml air soda ( saya pakai sprite )
1 sdt baking powder  ( saya pakai yang double acting )

Cara membuat :
Campur tape dengan 175 gr gula pasir, remas-remas hingga gula dan tape hancur, sishkan.

Dalam wadah lain  campurkan tepung beras dengan 200 ml air dingin, aduk rata, sisihkan.Masak air dengan 75 gr gula pasir hingga gula larut dan mendidih, setelah agak dingin tuangkan perlahan-lahan ke terigu sambil diaduk rata.

Campurkan tape yang telah hancur dengan larutan tepung beras, aduk-aduk dengan menggunakan tangan.Lalu tuangkan campuran terigu, aduk terus sambil diaduk masukkan baking powder.

Tuangkan air soda sedikit demi sedikit sambil daduk hingga menjadi adonan yang encer.Saring adonan, kemudian bagi menjadi beberapa bagian dan beri pewarna sesuai selera.

Panaskan kukusan beserta cetakan kue mangkuk hingga beruap banyak, lalu tuang adonan hingga penuh. Kukus selama 20 menit atau sampai mekar dan matang.


Sedih kue mangkoknya gak merekah sempurna... kesalahannya... karena baking powder yg kupunya dah gak berfungsi dah laas klo kata orang sunda. Mo beli yg bpda di supermarket kemarin dah abis semua.  Ya sudahlah jadi begini hasilnya. Walau begitu semoga tahun ini menjadi lebih hoki walau hasil kue mangkok tidak merekah sempurna.

Bikin kue mangkoknya sebenernya ini yg ke 3.  Dan ini yg paling lumayan. Awalnya aku bikin kue mangkok yg gak pake tape cm ragi dan baking powder, hasilnya sama sekali gak merekah. Coba resep bu fatmah, merekah sedikit 😓.

Untuk resep ini jangan khawatir. Dah banyak yg coba resepnya bu fatmah ini. Hasilnya bagus2 apa lg punyanya mbak veronika dhani, merekah sempurna. Asal bahannya yg bagus ya. Minuman sodanya harus yg baru, baking powdernya jg yg bagus yg msh aktif, tapenya yg mateng, cetakan gak usah dioles minyak, Dijamin hasilnya bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar