Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Sabtu, 10 Februari 2018

WEDHANG BAJIGUR



Bajigur ini adalah minuman tradisional Indonesia asli yg berasal dari jawa barat biasanya di jual sama abang2 pakai gerobak biasanya ada temannya si Bandrex , singkong rebus, getuk lindri atau getuk singkong, ubi rebus, kacang rebus, pisang rebus, pokoknya jajanan makanan serba rebus atau kukus. Kebanyakan dijual pada malam hari walaupun ada penjual yang jualan pada siang hari tapi jumlahnya sedikit karena kurang laku biasanya.

Khasiat dan Manfaat minum bajigur selain menghangatkan badan atau tubuh yang terletak pada kandungan jahe dan rempah-rempahnya seperti kayu manis, yaitu dapat menghangatkan badan pada saat kondisi cuaca dingin atau turun hujan, selain itu kandungan kopi pada bajigur ini juga cocok untuk anda yang Ingin begadang, karena bajigur merupakan cara lain dari “ngopi”.Manfaat lain jahe dalam bajigur ini tak hanya sebagai penghangat, tetapi juga bisa untuk membantu  yang sedang mengalami migrain, mual, mabuk, pilek, sariwan, masuk angin, sakit perut, gangguan pencernaan, mengatasi susah BAB, dan lain-lain.




WEDHANG BAJIGUR

BAHAN :
75 gram gula merah atau gula aren, disisir halus
25 gram jahe, dibakar, kupas, dan memarkan
1/2 liter santan, didapat dari 1 butir kelapa
1 lembar daun pandan wangi
3 cm kayu manis
1 sendok teh kopi bubuk

CARA MEMBUAT  :
Rebus santan, jahe, daun pandan dan kayu manis, diaduk terus jangan berhenti diatas api kecil hingga mengeluarkan aroma wangi dan harum.Masukkan kopi bubuk asli/instan dan gula merah, Aduk-aduk hingga rata, pastikan gula merah larut didalamnya, cicipi kalau kurang manis tambahkan gula merah jangan gula pasir. Ini kan minuman kesehatan jadi bebas gula pasir.Sajikan minuman bajigur .Boleh tambahkan serutan kelapa muda kedalam minuman jika suka (opsional)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar