Dapur Miranti

Dapur Miranti
Selamat Datang di blog "Dapur Miranti" ..... Selamat melihat dan membaca resep - resep yang pernah di buat oleh "Dapur Miranti" .... Cooking With Love ....

Jumat, 23 Februari 2018

KEMBANG GOYANG




Malem2 pulang kantor semangat banget untuk bikin kembang goyang. Karena cetakannya baru beli seharga 4 ribuan. Ukuran yang mini, biar jadi nya banyak. Hehe


Bikin kembang goyang jadi teringat waktu puasa tahun lalu, ada emak2 diangkot nawarin kembang goyang. Kembang goyangnya masih banyak sekontong gede padahal dah sore ampir magrib. Gak tau berapa harganya sekantong. Karena aku bingung itu tuh kue apa seumur hidup blom pernah makan apa lagi bikin, ya jadi aku gak beli... kupikir2 dirumah juga banyak kue kering yg kubuat sendiri, jadinya gak ku hiraukan emak2 itu. Eh... sesampainya dirumah jadi kepikiran sama emak2 itu kenapa gak dibeli aja itung2 bantu dia yg bentar lagi mo lebaran. Mudah2an banyak rezekinya ya mak... walau bukan dari aku.



Jika ada yang blom tau apa itu kue kembang goyang, berikut penjelasannya. Kue kembang goyang Dibuat dari tepung beras. Kue kering ini disebut Kembang Goyang karena ketika akan digoreng cetakan digoyang-goyangkan di atas minyak panas.



Kue Kembang goyang menjadi suguhan khas masyarakat betawi dan biasa disajikan pada saat hari raya Idul Fitri dan acara-acara hajatan. Kue Kembang goyang juga menjadi salah satu kue tradisional nusantara yang disajikan untuk tamu yang bersilaturahmi karena memiliki rasa yang renyah dan gurih.



Untuk resep, masih nyontek dari buku kelethikan pilihan ncc. Resepnya dah pas banget dech. Adonannya lebih kentel dari adonan peyek tapi dont worry dijamin renyah.






KEMBANG GOYANG
resep by. Fatmah Bahalwan

Bahan.:
200 gr tepung beras
280 ml santan - saya 200 ml santan instan ditambah 80 ml air biasa. Untuk hasil akhir kembang goyang nya berasa banget dari gurihnya santan.
1 butir telur kocok lepas
4 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdm wijen hitam - tambahan dari saya

2 kg minyak untuk menggoreng - gak nyampe segini juga gpp 1/2 lt aja cukup

Cara buat:

Campur tepung beras, gula pasir dan garam aduk rata. Tuang telur dan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk  hingga rata. Saring. Masukkan wijen hitam aduk rata.

Panaskan minyak kemudian celupkan cetakan kembang goyang hingga panas. Angkat langsung celupkan kedalam adonan hingga setengah tinggi cetakannya. Segera celupkan lagi kedalam minyak goreng sambil digoyang goyang hingga lepas.

Lanjutkan menggoreng hingga kuning kecoklatan. Angkat tiriskan.
.simpan dalam toples kedap udara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar